Cara Pengobatan Tradisional Tipes Tanpa Obat-Obatan

Infeksi bakteri Salmonella typhi yang sebabkan tipes bisa menyerang siapa saja baik anak-anak atau dewasa. Tetapi kebanyakan kasus tifus terjadi pada anak-anak. Penyakit ini dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik dan secepatnya. Cara pengobatan tradisional tipes tanpa obat-obatan dapat dilakukan.

Di sini kamu bisa ketahui ragam cara tradisional dari bahan-bahan alami yang mampu menjadi obat untuk tipes.

Sebelum itu, ketahuilah dahulu mengenai penyakit tipes yang dapat sebabkan kematian ini.

Penyakit Tifus atau Tipes

Cara Pengobatan Tradisional Tipes Tanpa Obat-Obatan

Penyakit tipes dapat segera disembuhkan, bila kondisi penderita dengan tipes diketahui lebih awal, biasanya diobati dengan antibiotik; Jika tidak diobati, tipes ini dapat berakibat fatal pada kesehatan tubuh.

Di negara-negara berkembang, tipes adalah penyakit yang umum terjadi. Secara global, pada tahun 2010, terdapat 26,9 juta kasus yang dilaporkan dan kematian akibat tipus dilaporkan sekitar 200.000 jiwa.

Apa itu tipes?

Bakteri salmonella typhimurium adalah penyebab dari infeksi yang sebabkan tipes. Bakteri ini dapat hidup di usus dan aliran darah manusia. Penyebaran bakteri ini terjadi karena makanan atau air yang telah terkontaminasi.

S. typhi masuk melalui mulut dan menetap di usus selama 1-3 minggu. Setelah itu, bakteri ini menembus dinding usus dan memasuki aliran darah.

Dari aliran darah, bakteri tersebut akan menyebar ke jaringan dan organ lain. Sistem kekebalan tubuh tidak akan bisa mengatasinya, karena bakteri ini bisa hidup di dalam sel inang, di mana bakteri tersebut aman dari sistem imun tubuh.

Tipes didiagnosis dengan mengidentifikasi adanya S. typhi melalui sampel darah, tinja, urine, atau sumsum tulang.

Gejala tipes

Biasanya gejala akan muncul pada 6-30 hari setelah terpapar bakteri. Ada dua gejala utama tipes, yaitu demam dan ruam. Penderita dapat alami demam tinggi, dan akan meningkat secara bertahap selama beberapa hari hinggi subuh tubuh 104 derajat Fahrenheit.

Ruam bisa muncul, tapi tidak setiap penderita tipes akan alami gejala ruam ini. Ruam ini berbentuk bintik-bintik merah, biasanya muncul di leher dan perut.

Gejala lain biasanya berupa kelelahan, sakit perut, konstipasi, dan sakit kepala. Dan gejala yang jarang terjadi, seperti diare, linglung, dan muntah.

Dalam kasus serius dan kondisi tipes tidak diobati, usus bisa saja alami luka dan berlubang. Hal ini dapat sebabkan peritonitis (infeksi pada jaringan yang melapisi bagian dalam perut), ini bisa sangat serius.

Pengobatan Tradisional Untuk Tipes

Cara Pengobatan Tradisional Tipes Tanpa Obat-Obatan

Kamu bisa gunakan cara-cara tradisional untuk lakukan pengobatan tipes. Di sini kamu tidak memerlukan obat-obatan apapun, cukup ikuti saja cara-cara dibawah ini. Berikut cara pengobatan tradisional tipes tanpa obat-obatan:

Kompres dingin
Demam adalah salah satu gejala dari tipes. Untuk mengatasi kondisi ini kamu bisa kompres dingin untuk menurunkan suhu tubuh dengan cepat.

Rendam handuk kecil ke dalam dengan suhu netral, peras handuk tersebut hingga airnya berkurang dan letakan pada kening. Lakukan beberapa kali hingga suhu tubuh menurun.

Tingkatkan asupan cairan
Akibat demam dan diare, penderita mungkin mengalami dehidrasi. Untuk menegah dehidrasi, kamu bisa tingkatkan cairan dalam tubuh. Ini bisa cegah dehidrasi, sekaligus atasinya.

  • Minumlah sekitar 8 sampai 10 gelas air setiap hari.
  • Sertakan juga air kelapa, teh herbal, jus buah segar, dan air gula.

Membuat oralit sendiri
Cairan dari campuran gula dan garam bisa membantu tingkatkan cairan dalam tubuh akibat diare atau muntaber. Ini bisa mencegah dehidrasi. Cairan ini bisa disebut oralit. Ini bisa gunakan untuk mengatasi gejala tipes dan memulihan kondisi tubuh penderita tipes.

  • Masukan setengah sendok teh garam dapur dan 8 sendok teh gula pasir ke dalam air satu liter. Aduk rata, hingga gula dan garam larut. Setelah satu menit, air tersebut bisa langsung diminum.
  • Minum beberapa kali sehari hingga sembuh total.

Cuka apel
Cuka dari sari apel ini memberikan energi dan sifat obat untuk atasi demam tipes. Sifat asamnya membuat cuka ini dapat atasi demam tubuh, sehingga suhu tubuh dapat menurun. Apalagi mineral di dalamnya bisa atasi kondisi akibat diare.

Campurkan setengah sendok teh cuka apel dan sedekit madu ke dalam segelas air. Minumlah sebelum makan. Ikuti cara ini selama 5 sampai 7 hari.

Bawang putih
Sifat antimikroba dalam bawah putih mampu membantu melawan bakteri yang menyebabkan tipes. Juga bisa tingkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, dapat juga membantu mengatasi racun dalam tubuh dan mempercepat pemulihan.

  • Telan 2 siung bawang putih ketika perut kosong setiap hari selama beberapa minggu untuk atasi gejala demam.
  • Bisa juga dengan mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam segelas susu yang sebelumnya telah dicampur dengan 2 gelas air. Rebus hingga matang, minum 3 kali sehari.

Kemangi
Kemangi adalah bahan untuk obat yang bisa membantu mengatasi demam tipes. Antibiotik dan antibakteri juga ada dalam kemangi ini, ini bisa membantu atasi bakteri penyebab tipes. Selain itu, juga bisa membantu meningkatkan sistem imun.

  • Siapkan segelas air, masukan 20 daun kemangi dan 1 sendok teh jahe yang telah dihaluskan. Rebus hingga setengah matang. Tambahkan sedikit madu lalu minum ini 2 atau 3 kali sehari.
  • Bisa juga dengan meminum jus daun kemangi, yang telah ditambahkan lada hitam. Minum 2 atau 3 sekali sehari.

Cengkeh
Cengkeh juga bermanfaat untuk mengatasi gejala tipes. Kandungan esensial di dalamnya memiliki sifat antibakteri, sehingga cengkeh ini bisa membunuh bakteri penyebab tipes. Dapat juga membantu mengurangi muntah dan diare.

  • Masukan 5 sampai 7 cengkeh dan 8 gelas air ke cerek atau tempat untuk memasak air.
  • Rebus sampai air berkurang setengahnya.
  • Biarkan hingga dingin.
  • Saring, lalu minum sepanjang hari hingga satu minggu.

Pisang
Pisang bisa menurunkan demam dan mengobati diare pada penderita tipes. Pektin yang ada pada pisang adalah serat larut yang dapat membantu menyerap cairan di usus, sehingga mengurangi diare. Apalagi potasium pada pisang membantu menggantikan elektrolit yang hilang saat demam dan diare.

  • Makan 2 sampai 3 pisang matang setiap hari sampai gejala mereda.
  • Sebagai alternatif, campurkan 2 pisang yang telah dihaluskan ke dalam setengah cangkir yoghurt dan tambahkan 1 sendok teh madu. Makan ini 2 atau 3 kali sehari selama beberapa minggu.
Itulah beberapa ragam cara mengobati tipes secara tradisional tanpa obat-obatan. Semoga dapat membantu kamu dalam menyembuhkan tipes.

0 Response to "Cara Pengobatan Tradisional Tipes Tanpa Obat-Obatan"

Posting Komentar