6 Sumber Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Antioksidan merupakan molekul yang bisa menghentikan proses oksidasi. Proses oksidan menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh manusia. Mengkonsumsi sumber makanan dengan antioksidan tinggi bisa membantu dalam menghentikan proses oksidasi, sehingga sel-sel tubuh tetap sehat.
Sumber Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi
Sumber: pixabay.com
Dengan memberikan tubuh asupan sumber makanan yang kaya akan antioksidan, tubuh dapat mencegah satu dari salah satu penyakit yang serius, seperti kanker dengan menghilangkan radikal bebas dan juga racun dari dalam tubuh. Antioksidan juga dapat menunda proses penuaan, sehingga tubuh akan tampak lebih muda.

Antioksidan juga membantu dalam mencegah penyakit jantung. Antioksidan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan pendinginan radikal bebas dalam tubuh.

Baca juga: Buah dan Sayur Terbaik Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara terbaik untuk bisa mendapatkan lebih banyak antioksidan adalah dengan menambahkan sumber makanan kaya antioksidan dalam menu makan sehari-hari.

Ada beberapa sumber makanan yang baik kaya antioksidan, misalnya, lemon, kacang-kacangan, ceri, tomat, jambu biji, ikan, beras merah, kranberi, dan banyak lagi.

Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai beragam sumber makanan yang mengandung antioksidan tinggi:

Buah Jeruk
Jeruk adalah salah satu buah yang populer akan kandungan vitamin C nya dan juga merupakan sumber terbaik antioksidan. Jenis jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Buah jeruk ini membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kacang-kacangan 
Dari biji-bijian ini kita bisa mendapatkan vitamin E, yang merupakan sumber terbaik untuk memasok antioksidan tubuh. Vitamin E ini bisa disimpan dalam tubuh bersama dengan lemak di hati.

Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin C, yang menjadikannya sumber antioksidan terbaik. Seiring dengan vitamin C, brokoli juga memiliki selenium yang membantu untuk melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ikan
Daging ikan memiliki jumlah selenium terbaik yang bisa membantu mencegah pemecahan sel-sel tubuh. Mengkonsumsi berbagai jenis ikan membantu dalam memberikan kontribusi antioksidan ke dalam tubuh.

Beras Merah
Beras jenis ini banyak sekali dijual dipasar, beras jenis ini sangat baik untuk menjaga kesehatan. Beras merah juga rendah kalori dan bebas gluten, serta mengandung polifenol yang dapat membantu menghentikan proses oksidasi.

Buah Kranberi
Kranberi dikenal karena sifat antioksidan yang tinggi. Kranberi juga menghadirkan flavonoid, yang tingkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. (Baca juga: 13 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mata)

Mengkonsumsi secara rutin 6 sumber makanan yang mengandung antioksidan tinggi insya alloh dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan juga mencegah beragam penyakit, terutama kanker.

0 Response to "6 Sumber Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi"

Poskan Komentar