Cara Mudah Mencegah Nyeri Punggung Selama Kehamilan

Nyeri punggung merupakan salah satu kondisi yang umum dialami oleh wanita selama kehamilan. Hal ini terjadi disebabkan oleh hormon kehamilan. Dan sering terjadi pada awal kehamilan. Sebagian besar terjadi pada trimester pertama dan bisa berlanjut sampai trimester akhir.

Cara Mudah Mencegah Nyeri Punggung Selama Kehamilan
Sumber: www.publicdomainpictures.net
Nyeri punggung menyebabkan ketidaknyamanan  di punggung bagian atas, bahu dan di daerah tulang rusuk. Tidak jarang kondisi ini bisa terjadi pada daerah panggul.

Penyebab nyeri punggung ini diakibatkan oleh rahim yang berkembang. Hormon yang keluar saat kehamilan memberi bantuan kestabilan pada sendi panggul untuk melonggarkan otot-ototnya. Dan akibatnya, pusat gravitasi bergeser ke bagian bawah tubuh, yang membuat tubuh merasa kurang stabil yang menyebabkan rasa sakit ketika bergerak.

Baca juga: 7 Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Kondisi tersebut bisa dikurangai atau dihindari selama kehamilan. Berikut adalah beberapa cara mudah mencegah nyeri punggung selama kehamilan.

Perhatikan posisi duduk
Pastikan posisi duduk kalian (ibu hamil) tepat. Duduk di kursi untuk jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan ketegangan tulang belakang. Jangan menyilangkan kaki, karena bisa menyebabkan panggul miring ke depan. Gunakan sandaran kaki dan angkat kaki sedikit.

Hindari mengangkat beban berat
Salah satu yang harus dihindari oleh wanita hamil adalah mengangkat beban berat. Mengangkat beban berat bisa menyebabkan nyeri otot dan sakit punggung parah. Apabila memaksa mengangkat beban berat, hal tersebut bisa mengalihkan aliran darah dari organ-organ internal otot.

Pemijatan
Kondisi punggung yang sakit bisa diredakan dengan melakukan pemijatan lembut. Dan pemjiatan tersebut harus berkonsentrasi pada titik-titik akupresur. Dianjurkan untuk melakukan pemijatan setelah trimester pertama. Pemijatan lembut memberikan rasa relaksasi dan memnghilangkan sakit punggung.

Olahraga
Berolahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah nyeri punggung selama kehamilan. Olahraga ringan bisa mengurangi kekakuan dan nyeri pada punggung. Seperti berenang atau dengan melakukan yoga.

Itulah beberapa cara mudah mencegah nyeri punggung selama kehamilan. Pastikan untuk melakukannya setiap hari secara teratur, untuk lebih mengurangi rasa nyeri pada punggung.

0 Response to "Cara Mudah Mencegah Nyeri Punggung Selama Kehamilan"

Posting Komentar