7 Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil

Ketika sel telur wanita dibuahi, dia akan memasuki masa kehamilan yang merupakan momen paling tunggu-tunggu oleh sepasang suami istri.

Kehamilan sendiri adalah masa terindah untuk seorang wanita dan juga merupakan masa seorang wanita untuk lebih protektif terhadap kesehatan tubuh.

Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil
Sumber: www.flickr.com
Dalam rangka menjaga kondisi tubuh tetap sehat, seorang wanita akan disarankan untuk merubah pola makan.

Baca juga: 10 Buah-buahan Untuk Menguatkan Jantung Lemah

Di sisi lain, untuk menjaga kondisi fisik tetap sehat, dokter akan merekomendasikan olahraga mudah dan ringan, olahraga tersebut adalah berjala kaki. Jalan-jalan biasa ditempat terbuka nan asri bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi tingkat stres.

Jalan kaki adalah bentuk olahraga paling mudah untuk dilakukan. Olahraga ini tidak memerlukan perencanaan dan juga peralatan khusus. Sepasang sendal atau sepatu sudah cukup untuk mendukung olahraga jalan kaki ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat jalan kaki untuk ibu hamil, kalian bisa lihat poin demi poin akan manfaat jalan kaki dibawah ini.

Meredakan stres
Selama kehamilan, semua wanita akan mengalami perubahan suasana hati. Kadang wanita akan merasa gembira, dan di lain waktu mungkin juga merasa sangat tertekan. Dengan berjalan kaki kondisi suasana hati tersebut akan merasa lebih baik, tepatnya stres tidak akan kembali menghampiri. Karena olahraga jalan kaki bisa melepaskan endorfin dalam tubuh.

Meringankan konstipasi
Manfaat lain dari jalan kaki untuk ibu hamil adalah bisa meringankan konstipasi. Selama kehamilan apabila tubuh tetap menjaga keaktifan fisik bisa meningkatkan keaktifan perut, yang akan meringankan kondisi ketika konstipasi. Lakukan jalan kaki selama 15-20 menit untuk membantu usus tetap aktif.

Mampu mengatasi kelelahan
Selama kehamilan, kebanyakan wanita hamil akan merasa kelelahan dalam trimester pertama dan trimester ke tiga. Dan istirahat adalah solusi ampuh untuk mengatasi kondisi tersebut. Namun, terlalu banyak istirahat juga tidak baik untuk kondisi tubuh, karena bisa membuat kondisi tubuh lebih lelah. Meluangkan waktu untuk berjalan kaki bisa mengatasi kelelahan dan letih yang dialami.

Mengurangi tekanan darah
Biasanya, tekanan darah pada saat kehamilan akan meningkat. Apabila kondisi tekanan darah terjadi dan berlangsung lama bisa menyebabkan preeklampsia. Jalan kaki setiap hari bisa menjaga tingkat tekanan darah. Inilah salah satu manfaat terbaik berjala kaki selama kehamilan.

Meringankan saat persalinan
Jalan kaki bisa meningkatkan fleksibitilas tubuh dan juga otot-otot pinggul, sehingga ketika melahirkan akan lebih mudah, cepat dan mengurangi rasa sakit.

Meningkatkan kualitas tidur
Jalan kaki setiap hari selama 30 menit bisa membantu mendapatkan tidur lebih nyenyak selama kehamilan.

Menjaga berat badan
Jalan kaki saat kehamilan bisa mengontrol berat badan dan juga mengontrol berat badan bayi yang dikandung. Berat badan berlebihan pada bayi bisa mengakibatkan komplikasi persalinan.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki untuk ibu hamil, pastikan untuk melakukannya setiap hari secara rutin. Berbagai faktor juga bisa mempengaruhi kondisi kehamilan, seperti makanan, kondisi lingkungan dsb.

0 Response to "7 Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil"

Poskan Komentar