6 Kiat Mengatasi Gigi Sensitif

Ngilu ketika mengkonsumsi makanan atau minuman dingin, merupakan salah satu gejela gigi sensitif atau hipersensitif dentin. Kondisi gigi yang sensitif bukan merupakan suatu penyakit, melainkan adanya perubahan struktur gusi dan gigi. Perubahan tersebut berupa penipisan email gigi atau penurunan gusi.
Kiat Mengatasi Gigi Sensitif
Sumber: wikimedia.org
Perubahan pada gigi dan gusi umumnya disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam, serta penyikatan gigi yang terlalu kuat. Mayoritas penderita gigi sensitif berada pada rentang usia 25-20 tahun.

Namun ada beberapa cara untuk mengatasi gigi sensitif tersebut, langkah awal mungkin memberikan pengurangan dan mencegah sensitivitas gigi. Berikut ada 6 kiat mengatasi gigi sensitif.

Gunakan sikat gigi lembut
Memberikan tekanan kuat ketikan menyikat gigi tidak akan membuat gigi lebih bersih, namun hal tersebut bisa tingkatkan risiko sensitivitas gigi. Itu karena menyikat gigi terlalu keras bisa menarik gusi, dan membuat saraf terbuka.

Solusinya gunakan sikat gigi yang lembut, dan lakukan aktivitas menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit. Dan pastikan untuk melakukan gerakan turun naik dengan lembut ketika menyikat.

Gunakan pasta gigi dengan agen desensitizing
Pasta gigi yang mengandung desensitizing mengandung senyawa yang bisa membantu memblokir penyebaran sensasi dari gigi ke saraf. Sehingga pasta gigi desensitizing sangat cocok bagi penderita gigi sensitif. Gunakan dua kali sehari, dan rasakan perubahannya dalam beberapa minggu.

Selalu akhiri dengan obat kumur dengan flouride
Obat kumur yang diperkaya flouride mampu memperkuat lapisan enamel gigi. dan membantu menghilangkan gigi sensitif. Obat kumur dengan flouride juga bisa melindungi gigi dari kerusakan, seperti gigi berlubang. Ingat bersihan mulut dengan obat kumur dengan flouride hanya setelah menggosok gigi.

Hindari minuman berasam
Makan atau minuman yang memiliki asam tinggi bisa mengikis enamel gigi, sehingga gigi rentan mengalami sensitif. Ketika mengkonsumsi yang berasam, cobalah setelahnya makan sesuatu, misalnya rotin, ini berfungsi untuk menurunkan kadar pH dalam mulut. Dan pastikan menyikat gigi stidaknya 30 menit setelah mengkonsumsi makan atau minuman berasam tinggi.

Hindari pemutih gigi
Penggunaan pemutih gigi bisa menyebabkan gigi sensitif untuk sementara. Namun, apabila penderita gigi sensitif ingin menggunakan pemutih gigi pastikan untuk berkonsultasi terlebihdahulu dengan dokter.

Perhatikan kebersihan mulut
Ini menjadi hal yang terpenting, karena kebersihan mulut dan organ didalamnya menentukan kondisi kesehatan.

Itulah 6 kiat mengatasi gigi sensitif, dan apabila diterapkan kiat-kiatan tersebut khawatiran terhadap makanan minuman dingin bisa teratasi.

Sumber: www.everydayhealth.comwww.sensodyne.co.id

0 Response to "6 Kiat Mengatasi Gigi Sensitif"

Poskan Komentar