7 Manfaat Minyak Ikan Yang Jarang Diketahui

Masyarakat mungkin mengetahui minyak ikan sebagai sebuah obat penambah nafsu makan, dan mereka juga menganggap minyak ikan terbentuk dari segala jenis ikan. Namun, anggap masyarakat tersebut kurang tepat.

Manfaat Minyak Ikan
Sumber: pixabay.com
Minyak ikan berasal dari ikan berlemak, dan tidak semua jenis ikan memiliki lemak dengan kadar tinggi, contoh ikan berlemak yang umum dipakai sebagai bahan minyak ikan, antara lain trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon.

Minyak ikan memiliki dua bahan utama yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, yaitu, DHA (Asam dokosaheksaenoat), dan EPA (asam eikosapentaenoat). Kedua bahan tersebut merupakan komponen yang terdapat dalam asam lemak omega 3. Karena kedua bahan tersebut banyak ahli gizi yang tertarik dengan minyak ikan dan menyarankannya untuk dijadikan sebuah makanan sehari-hari.

Manfaat minyak ikan tidak hanya sebagai sebuah peningkat nafsu makan, namun ada beragam manfaat lain dari minyak ikan ini.

Baca juga: Efek Samping Teh Hijau Yang Tidak Banyak Diketahui

Selama sepuluh tahun terakhir, telah banyak dilakukan penelitian terhadap minyak ikan dan asam lemak omega-3. Namun bukti menunjukan manfaat dominan dari minyak ikan adalah untuk kesehatan jantung. Berikut adalah sejumlah manfaat minyak ikan yang telah terbukti:

Meningkatkan kemampuan membaca anak
Sebuah studi yang melibatkan 362 anak berusia 7-9 tahun, yang dilakukan di Universitas Oxford, Inggris, mengungkap bahwa omega-3 mampu tingkatkan kemampuan membaca anak.

Meningkatkan kesehatan gigi dan gusi
Hasil penelitian dari Jepang yang dimuat dalam jurnal Nutrition mengungkap bahwa minyak ikan ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kecerdasan anak, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dam mulut.

Mengurangi keinginan makan junk food
Minyak ikan bisa meminimalkan efek junk food pada otak, dan itu telah terbukti dari 185 studi yang pernah dilakukan. Sehingga minyak ikan bisa mengurangi rasa ingin anak untuk mengkonsumsi junk food.

Mengurangi kadar trigliserida tubuh
Kadar trigliserida bisa dikurangi dengan mengkonsumsi minyak ikan, dan hal itu terlah terbukti. Sehingga risiko terkena penyakit jantung menurun.

Meringankan penyakit arteri koroner
Minyak ikan mampu memperlambat atau mengurangi pengerasan arteri atau arterosklerosis pada pembuluh darah koroner.

Mencegah penyakit mata
Kandungan dalam minyak ikan mampu mencegah penyakit nama yang bernama age-related macular degeneration (AMD). Dapatkan khasiat dari minyak ikan dengan mengkonsumsi minyak ikan minimal sekali sepekan.

Mengurangi risiko terjadi keguguran
Minyak ikan dapat membantu mencegah keguguran pada wanita hamil yang menderita kelainan sistem imun yang disebut sindrom antiphospholipid.

Manfaat minyak ikan yang telah disebutkan diatas mungkin hanya sebagaian dari banyaknya manfaat. Walaupun demikian, mengkonsumsi terlalu banyak minyak ikan atau dengan dosis tinggi bisa memberikan dampak buruk terhadap tubuh, misalnya bisa meningkatkan risiko perdarahan, memicu gangguan kadar gula darah dan banyak lagi.

Sumber: medicalnewstoday.com, health.kompas.com, alodokter.com

0 Response to "7 Manfaat Minyak Ikan Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar